3 Makhluk Berakal Ciptaan Allah


10 September 2018


AQIQAH SEMARANG – Allah Azza Wa Jalla menciptakan makhluk berakal, dimana 2 memiliki hawa nafsu dan 1 patuh atau taat kepada Allah. Siapakah makhluk tersebut? yaitu yang berakal dan memiliki hawa nafsu adalah manusia dan jin, dimana makhluk tersebut mempunyai pilihan untuk taat atau tidak kepada RABB-Nya sedangkan yang berakal dan patuh adalah malaikat karena ia di ciptakan tanpa hawa nafsu.

Bicara mengenai malaikat yang memiliki kemampuan lebih dari makhluk lainnya karena mereka bekerja sesuai perintah Allah tanpa membangkang maka di sini jelas bahwa malaikat itu suci sebagaimana dalam surat Faathir : 1 “Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan Bumi yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan yang bersayap dua-dua, tiga-tiga, empat empat. Allah menambah apa yang Dia kehendaki tentang ciptaanNya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

aqiqah di semarang

jasa aqiqah di semarang

Sedangkan bagaimana dengan manusia yang memiliki hawa nafsu? sesungguhnya manusia apabila ia tunduk patuh kepada Allah azza wa jalla dan dapat melawan hawa nafsu maka ia akan memiliki kedudukan lebih tinggi dari malaikat, sedangkan manusia apabila tidak dapat menahan hawa nafsu maka ia lebih rendah dari binatang karena manusia memiliki akal.

Allah Azza Wa Jalla menjadikan manusia sebagai khalifah di muka bumi, dan manusia memang memiliki potensi sangat besar dalam memimpin dunia. Dalam menciptaan di dunia, Allah membagi manusia tiap umat-umat sejak dari umatnya Nabi Adam Alahissalam hingga umat terbaik yaitu Rasul kita Muhammad Sallallahu alaihissalam, dimana tiap umat memiliki syariat yang berbeda apabila di cermati, karena perbedaan zaman, lokasi, maupun kebudayaan namun memiliki konsep yang sama yaitu Tauhid, hanya menyembah 1 Rabb yang Esa yaitu Allah Azza Wa Jalla dan tidak menyekutukan dengan siapapun.

aqiqah di semarang

jasa aqiqah di semarang

Sedangkan jin adalah makhluk yang di ciptakan dari api dimana bangsa jin lebih dahulu di ciptakan jauh sebelum kita, namun mereka berbuat kerusakan. Dan salah satu Jin yaitu iblis pernah membangkang kepada Allah karena tidak mau sujud kepada Adam sebagaimana dalam QS Al Kahfi (18) : 50 “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam”, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka Jin mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (Allah) bagi orang-orang yang zalim”.

aqiqah di semarang

jasa aqiqah di semarang

Jasa Pembuatan Website