Daftar Nama Anak Islami


Nama dalam bahasa Arab disebut dengan isim. Makna isim bisa jadi adalah ‘alamat (tanda). Isim juga bisa bermakna as samuu (sesuatu yang tinggi). Sehingga isim (nama) adalah tanda yang tertinggi (mencolok) pada seseorang.

Dengan nama inilah akan membedakan seseorang dan lainnya. Di antara maksud inilah para ulama bersepakat (berijma’) tentang wajibnya pemberian nama pada laki-laki dan perempuan.[1] Sehingga tidak boleh seseorang pun di muka bumi ini yang tidak memiliki nama. Karena jika tidak punya nama, bagaimana bisa membedakannya dari manusia lainnya.

Karena pentingnya seseorang memiliki nama, sampai-sampai para pakar hadits ketika menemukan hadits terdapat seorang perowi yang mubham (tidak dikenal namanya), mereka pun mendhoifkan hadits tersebut sampai diketahui jelas siapa nama perowi tersebut.

Di antara urgensi pemberian nama terbaik disebabkan nama dapat membawa pengaruh pada orang yang diberi nama. Oleh karena itu, orang Arab mengatakan,

لِكُلِّ مُسَمَّى مِنْ اِسْمِهِ نَصِيْبٌ

Setiap orang akan mendapatkan pengaruh dari nama yang diberikan padanya.

Ini menunjukkan bahwa jika nama yang diberikan adalah nama yang terbaik, maka atsarnya (pengaruhnya) pun baik. Oleh karenanya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan bahwa nama yang terbaik adalah ‘Abdullah karena nama tersebut menunjukkan penghambaan murni pada Allah. Begitu pula, dalam beberapa hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang memberi nama dengan nama yang buruk seperti ‘Ashiyah (wanita yang bermaksiat, dengan huruf ‘ain dan shod), Hazn (sedih) dan Zahm (sempit).

Intinya, nama begitu pengaruh dalam diri orang yang diberi nama. Coba bayangkan bagaimana jika seorang anak diberi nama dengan Hazn (sedih), pasti ia akan jadi orang yang terus-terusan bersedih karena mengingat namanya tersebut. Itulah urgensi penting dalam pemberian nama bagi si buah hati.

Pengaruh lainnya lagi, dari nama terbaik, seseorang dapat mengetahui bagaimanakah orang tuanya. Orang tuanya dapat diketahui dari nama anaknya, apakah ortunya itu sholih atau tholih (lawan dari sholih). Sebagaimana orang arab pun mengatakan,

مِنْ اِسْمِكَ أَعْرِفُ أَبَاكَ

Dari namamu, aku bisa mengetahui bagaimanakah ayahmu.

Dari nama yang baik pula, seseorang bisa menyebarkan kebaikan. Lihatlah bagaimana jika seseorang diberi nama “Musa”. Dari nama ini, setiap orang yang mendengar nama tersebut bisa mengingat bagaimanakah sifat dan akhlaq mulia dari Nabi Musa ‘alaihis salam. Oleh karena itu, pemberian nama yang baik di sini termasuk menyebar sunnah hasanah di tengah-tengah umat. Maksud kami ini sebagaimana disebutkan dalam hadits,

مَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا

Barangsiapa yang memulai mengerjakan perbuatan baik dalam Islam, maka dia akan memperoleh pahalanya dan pahala orang yang mencontoh perbuatan itu.” (HR. Muslim no. 1017)[2]

Inilah di antara urgensi memberi nama yang baik.

 

Waktu Terbaik dalam Pemberian Nama

Mengenai waktu terbaik dalam pemberian nama dapat kita lihat dalam hadits-hadits berikut.

Dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وُلِدَ لِىَ اللَّيْلَةَ غُلاَمٌ فَسَمَّيْتُهُ بِاسْمِ أَبِى إِبْرَاهِيمَ

Semalam telah lahir anakku dan kuberi nama seperti ayahku yaitu Ibrahim.” (HR. Muslim no. 2315)

Dari Abu Musa, ia mengatakan,

وُلِدَ لِى غُلاَمٌ ، فَأَتَيْتُ بِهِ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – فَسَمَّاهُ إِبْرَاهِيمَ ، فَحَنَّكَهُ بِتَمْرَةٍ ، وَدَعَا لَهُ بِالْبَرَكَةِ ، وَدَفَعَهُ إِلَىَّ ، وَكَانَ أَكْبَرَ وَلَدِ أَبِى مُوسَى .

“Anak laki-lakiku lahir, kemudian aku membawanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau lalu memberinya nama Ibrahim, beliau menyuapinya dengan kunyahan kurma dan mendoakannya dengan keberkahan, setelah itu menyerahkannya kepadaku.” Ibrahim adalah anak tertua Abu Musa.” (HR. Bukhari no. 5467, 6198 dan Muslim no. 2145)

Dari Samurah bin Jundub bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuhnya, dicukur rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Daud no. 2838, An Nasai no. 4220, Ibnu Majah nol. 3165, Ahmad 5/12. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dari hadits Abu Musa di atas, Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan, “Hadits ini menunjukkan bahwa Abu Musa bersegera membawa bayinya yang baru lahir kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu ditahnik setelah diberi nama sebelumnya. Dalil ini menunjukkan bahwa bersegera dalam pemberian nama pada si buah hati itu lebih baik, dan tidak mesti menunggu pemberian nama pada hari ketujuh.”[3]

Al Baihaqi mengatakan, “Hadits yang membicarakan pemberian nama pada si buah hati di hari kelahiran lebih shahih daripada hadits yang menunjukkan pemberian nama pada hari ketujuh.”[4]

Syaikh Bakr Abu Zaid rahimahullah dalam kitabnya Tasmiyatul Mawlud mengatakan, “Terdapat dalam sunnah Nabi shalllallahu ‘alaihi wa sallam bahwa pemberian nama itu ada tiga waktu:

  1. Di hari kelahiran,
  2. Sampai hari ketiga dari hari kelahiran,
  3. Di hari ketujuh dari kelahiran,

Perbedaan ini adalah perbedaan variatif dan dalam hal ini ada kelonggaran untuk memilih salah satunya.”[5]

Apa yang disebutkan oleh Syaikh Bakr Abu Zaid sama halnya dengan yang disebutkan oleh Ibnul Qayyim rahimahullah dalam kitabnya Tuhfatul Mawdud[6]. Namun sebagaimana kata Ibnu Hajar di atas, dalam pemberian nama lebih cepat itu lebih baik yaitu lebih bagus memberi nama pada hari pertama. Wallahu a’lam.

 

Pemberian Nama dan Nasab Menjadi Hak Ayah (Bukan Ibu)

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,”Mengenai pemberian nama menjadi hak ayah itu tidak ada perselisihan di antara para ulama. Hadits-hadits sebelumnya (yang membicarakan tentang pemberian nama, pen) juga menunjukkan akan hal ini. ”

Beliau rahimahullah juga mengatakan, “Sebagaimana tidak ada perselisihan bahwa ayah yang berhak memberi nama, maka tidak ada perselisihan pula mengenai masalah anak dipanggil dengan nama ayahnya bukan dengan nama ibunya. Sehingga anak tersebut dipanggil dengan fulan bin fulan (dan bukan fulan bin fulanah, pen). Di antara dalil yang menunjukkan hal ini, firman Allah Ta’ala,

ادْعُوهُمْ لِآَبَائِهِمْ هُوَ أَقْسَطُ عِنْدَ اللَّهِ

Panggilah mereka dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka.” (QS. Al Ahzab: 5). Anak hanyalah mengikuti ibunya dalam masalah merdeka atau budak. Sedangkan ia tetap mengikuti ayahnya dalam nasab dan dalam pemberian nama.” [7]

Dalil lain yang dapat kita lihat adalah hadits dari Ibnu Umar, dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا جَمَعَ اللَّهُ الأَوَّلِينَ وَالآخِرِينَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُرْفَعُ لِكُلِّ غَادِرٍ لِوَاءٌ فَقِيلَ هَذِهِ غَدْرَةُ فُلاَنِ بْنِ فُلاَنٍ

Apabila Allah mengumpulkan orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang terakhir kelak di hari Kiamat, maka akan dikibarkan bendera bagi setiap pengkhianat, lalu dikatakan, ‘Ini adalah bendera si fulan bin fulan’.” (HR. Muslim no. 1735). Hadits ini menunjukkan bahwa seseorang akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama bapak mereka (fulan bin fulan), bukan nama ibu mereka (fulan bin fulanah).

 

Urutan Nama Terbaik Bagi Si Buah Hati[8]

 

Urutan pertama: Nama Abdullah dan Abdurrahman

Dalam ktab Al Adzkar, Imam An Nawawi Asy Syafi’i rahimahullah menyebutkan Bab “Penjelasan nama yang paling dicintai oleh Allah”. Lantas beliau bawakan dua hadits berikut ini.

Dari Ibnu ‘Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَحَبَّ أَسْمَائِكُمْ إِلَى اللَّهِ عَبْدُ اللَّهِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ

Sesungguhnya nama kalian yang paling dicintai di sisi Allah adalah ‘Abdullah dan ‘Abdurrahman.”(HR. Muslim no. 2132)

Dari Jabir bin ‘Abdillah, ia berkata,

وُلِدَ لِرَجُلٍ مِنَّا غُلاَمٌ فَسَمَّاهُ الْقَاسِمَ فَقُلْنَا لاَ نَكْنِيكَ أَبَا الْقَاسِمِ وَلاَ كَرَامَةَ . فَأَخْبَرَ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ « سَمِّ ابْنَكَ عَبْدَ الرَّحْمَنِ »

Seorang laki-laki di antara kami ada yang memiliki anak, kemudian dia memberi nama “Al Qasim”. Maka kami berkata, “Kami tidak akan menjuluki kamu dengan Abu Al Qasim dan kami tidak akan memuliakannya. Lalu orang tersebut memberitahukan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Maka beliau bersabda, “Berilah anakmu nama Abdurrahman.” (HR. Bukhari no. 6186)

Kedua nama ini memiliki keunggulan dari segi:

Pertama: Nama ini mengandung sifat penghambaan yang khusus antara hamba dan Allah dibanding dengan nama-nama (yang bersandar pada asmaul husna) lainnya. Karena nama ‘Abdullah mengandung sifat ubudiyah (penghambaan dalam ibadah) dan ini hanya ada kaitannya antara Allah dan hamba. Begitu pula nama ‘Abdurrahman mengandung sifat ubudiyah (penghambaan) karena sifat Ar Rahman adalah sifat rahmat yang khusus antara hamba dan Allah.[9]

Kedua: Nama berupa penghambaan yang terdapat dalam kedua nama tersebut dikhususkan dalam Al Qur’an dari nama-nama terbaik lainnya. Semisal dapat ayat-ayat berikut,

وَأَنَّهُ لَمَّا قَامَ عَبْدُ اللَّهِ يَدْعُوهُ كَادُوا يَكُونُونَ عَلَيْهِ لِبَدًا

Dan bahwasanya tatkala Abdullah (yaitu hamba Allah, Muhammad) berdiri menyembah-Nya (mengerjakan ibadat), hampir saja jin-jin itu desak mendesak mengerumuninya.” (QS. Al Jin: 19)

وَعِبَادُ الرَّحْمَنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا

Dan ‘Ibadurrahman (hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang) itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.” (QS. Al Furqon: 63)

قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَنَ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى

Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik)” (QS. Al Isro’: 110)

Ketiga: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi nama pada anak pamannya (Al ‘Abbas) dengan nama Abdullah.

Keempat: Sekitar 300 sahabat Nabi memiliki nama Abdullah.[10]

 

Urutan kedua: Nama bentuk penghambaan pada asmaul husna lainnya.

Seperti Abdul ‘Aziz, ‘Abdul Malik, Abdur Rozaq, Abdul Halim, dan Abdul Muhsin.[11]

 

Urutan ketiga: Nama para Nabi dan Rasul Allah

Seperti Adam, Nuh, Musa, Ibrahim, Isa dan Muhammad, yang intinya ada 25 nama Nabi yang disebutkan dalam Al Qur’an.

Dari Al Mughirah bin Syu’bah ia berkata, “Ketika aku mendatangi kota Najran, para penduduknya bertanya kepadaku: Sesungguhnya kalian membaca “Wahai saudara Harun”. Padahal Musa hidup sebelum Isa berjarak beberapa tahun. Maka ketika aku datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, aku menanyakan hal itu kepada beliau, dan beliau pun menjawab,

إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَمُّونَ بِأَنْبِيَائِهِمْ وَالصَّالِحِينَ قَبْلَهُمْ

Dulu mereka memberi nama dengan nama-nama para Nabi mereka dan orang-orang shaleh dari kaum sebelum mereka.” (HR. Muslim no. 2135)

Dalil lainnya adalah bolehnya memiliki nama seperti nama “Muhammad”, nama Nabi kita. Bahkan nama inilah yang terbaik dari nama para Nabi ‘alaihimus salam lainnya[12]. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَسَمَّوْا بِاسْمِى وَلاَ تَكَنَّوْا بِكُنْيَتِى

“Berilah nama dengan namaku (Muhammad) dan janganlah kalian berkunyah dengan kunyahku (Abul Qosim)”. (HR. Bukhari no. 6187 dan Muslim no. 2134)

An Nawawi membawakan hadits-hadits di atas dalam Bab “Larangan berkunyah dengan Abul Qosim dan penjelasan mengenai nama-nama yang disunnahkan.” Hal ini menunjukkan bahwa nama para Nabi dan Rasul adalah di antara nama terbaik yang bisa digunakan.

An Nawawi dalam Syarh Muslim menjelaskan, “Dari hadits ini sekelompok ulama berdalil bahwa bolehnya memberi nama dengan nama para Nabi ‘alaihimus salaam, bahkan ini adalah ijma’ (kesepakatan) ulama. Kecuali Umar bin Khottob yang berpendapat agak sedikit berbeda dalam hal ini.”[13]

 

Urutan keempat: Nama orang sholeh

Dalil hal ini sudah disebutkan sebelumnya dalam hadits Al Mughirah bin Syu’bah. Yang paling baik digunakan adalah nama para sahabat karena merekalah generasi terbaik dari umat ini. Seutama-utama dari mereka adalah para Khulafaur Rosyidin, yaitu Abdullah (Abu Bakr), ‘Umar, ‘Utsman, dan ‘Ali.

Untuk anak perempuan bisa menggunakan nama istri-istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (Ummahatul Mukminin). Menurut pendapat yang kuat, istri yang dinikahi oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ada 11[14] :

  1. Khadijah binti Khuwailid;
  2. Saudah binti Zum’ah;
  3. Aisyah binti Abu Bakar Ash Shidiq;
  4. Hafshoh binti Umar bin Al Khaththab;
  5. Zainab binti Khuzaimah;
  6. Ummu Salamah Hindun binti Abu Umayyah;
  7. Zainab binti Jahsy bin Rayyab;
  8. Juwairiyyah binti Al Harits;
  9. Ummu Habibah Romlah binti Abu Sufyan;
  10. Shofiyah binti Huyai bin Akhthab;
  11. Maimunah binti Al Harits.[15]

Sebagai contoh yang menggunakan nama sahabat adalah anak-anak Az Zubair bin Al ‘Awam. Beliau menamakan sembilan anaknya dengan nama para sahabat yang mengikuti perang Badar. Anak-anaknya tersebut diberi nama:

  1. ‘Abdullah
  2. Al Mundzir
  3. ‘Urwah
  4. Hamzah
  5. Ja’far
  6. Mush’ab
  7. ‘Ubaidah
  8. Kholid
  9. ‘Umar[16]

 

Urutan kelima: Nama lainnya yang memenuhi syarat dan adab

Syarat dalam pemberian nama sebagai berikut:

Syarat Pertama: Menggunakan bahasa Arab.

Dari sini, menunjukkan terlarangnya menggunakan nama-nama bukan Arab seperti Joseph, Robert, Markus, Julia dan Diana.

Syarat Kedua: Memiliki susunan dan makna yang bagus.

Sehingga dari sini tidak boleh menggunakan nama makruh dan terlarang. Begitu juga terlarang menggunakan nama yang mengandung celaan dan mengandung tazkiyah (menetapkan kesucian dirinya). Oleh karena itu, nama semacam ini Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai merubahnya.

Ath Thobari rahimahullah mengatakan, “Tidak sepantasnya seseorang memakai nama dengan nama yang jelek maknanya atau menggunakan nama yang mengandung tazkiyah (menetapkan kesucian dirinya), dan tidak boleh pula dengan nama yang mengandung celaan. Seharusnya nama yang tepat adalah nama yang menunjukkan tanda bagi seseorang saja dan bukan dimaksudkan sebagai hakikat sifat. Akan tetapi, dihukumi makruh jika seseorang bernama dengan nama yang langsung menunjukkan sifat dari orang yang diberi nama. Oleh karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengganti beberapa nama ke nama yang benar-benar menunjukkan sifat orang tersebut. Beliau melakukan semacam itu bukan maksud melarangnya, akan tetapi untuk maksud ikhtiyar (menunjukkan pilihan yang lebih baik).”[17]

 

Adab dalam pemberian nama yang sebisa mungkin dilakukan:

Pertama: Menggunakan nama sesuai urutan terbaik yang telah kami jelaskan di awal.

Kedua: Menggunakan nama yang terdiri dari huruf yang jumlahnya sedikit.

Ketiga: Menggunakan nama yang mudah diucapkan di lisan.

Keempat: Memudahkan orang yang mendengar untuk mengingatnya.

Kelima: Menggunakan nama yang cocok dengan orang yang diberi nama dan tidak keluar dari kebiasaan yang dipakai dalam agamanya atau masyarakat sekitarnya.[18]

Berikut contoh nama-nama bayi

 

Nama Bayi laki laki islami

abbas rijal maaly (arti nama bayi islami laki laki): lelaki yg berkedudukan tinggi dan pemberani.
abbas zainul muttaqin (arti nama bayi islami laki laki): pria pemberani yang menghiasi orang bertakwa.
abdul akif (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yg berbakti.
abdul alim (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yang mengetahui.
abdul aliyy (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah dari yang maha tinggi.
abdul amir (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yg memimpin.
abdul azim (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yang agung.
abdul aziz (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yang berakhlak mulia, yg kuat.
abdul barakat (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah sumber barokah.
abdul basyar (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yg pengertian.
abdul falah eka cahya (arti nama bayi islami laki laki): hamba yang beruntung menjadi satu cahaya untuk sesama.
abdul ghani (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yg pengampun.
abdul hadi khabir (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yang kaya dan sempurna.
abdul hakim (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yang bijaksana.
abdul latif (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yang lembut.
abdul mu’ati (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yang memberi. ©ω¡ηα
abdul syarif (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yg terhormat.
abdullah adzim (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah SWT yg amat perkasa.
abdullah hafiz dhiaurrahman (arti nama bayi islami laki laki): hambaNya yang bersinar penuh kasih dan menjadi pelindung bagi sesama.
abdullah majid tsurayya (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yang sangat mulia seperti gugusan bintang.
abdullah rafif (arti nama bayi islami laki laki): hambaNya yang berbudi pekerti.
abdullah said ramadhan (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah SWT yg bahagia menyambut bulan penuh hikmah.
abdullah tahsin pramudya (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yg gemar memperbaiki dan bijaksana.
abdullah umran assunni (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yang penuh dengan kemakmuran dan merupakan seorang ahli sunnah.
abdun khabir munawwir (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yang sempurna dan bercahaya.
abhan shultanul alam (arti nama bayi islami laki laki): lelaki pintar yang menguasai alam.
abi shafwan arifuddin (arti nama bayi islami laki laki): laki-laki yang berfikiran jernih dalam memahami agama (Islam).
abid hakim ghaeran (arti nama bayi islami laki laki): ahli ibadah yg bijak dan penuh semangat.
abid khairat (arti nama bayi islami laki laki): ahli ibadah yg penuh kebaikan.
abid zaki (arti nama bayi islami laki laki): ahli ibadah dan suci.
abidin aminullah (arti nama bayi islami laki laki): ahli ibadah kepercayaan Allah SWT.
abidullah (arti nama bayi islami laki laki): yg menyembah Allah SWT.
abiyu abdu mubarak (arti nama bayi islami laki laki): hamba Allah yang mulia jiwanya dan diberkahi hidupnya.
abu barakat mahasin (arti nama bayi islami laki laki): ayah yg diberkahi dan tak ternilai indahnya.
abu fadhil (arti nama bayi islami laki laki): ayah yang kaya.
abu farah (arti nama bayi islami laki laki): ayah yg bahagia.
abu faraj kalam (arti nama bayi islami laki laki): ayah yg dipermudah urusannya dan pandai berbicara.
abu turab (arti nama bayi islami laki laki): “ayah debu”. ini adalah gelar Sayyidina Ali yg diberikan Rasulullah ketika Beliau melihatnya sedang berbaring dengan badan penuh debu di Masjid Nabawi.
abu ubaidah (arti nama bayi islami laki laki): nama sahabat nabi Muhammad SAW.
abyadhul wajhi (arti nama bayi islami laki laki): yg cerah wajahnya.
abyanul kalam (arti nama bayi islami laki laki): kata-kata yg jernih.
adam amirullah ramadhan (arti nama bayi islami laki laki): pemimpin manusia yg ditunjuk Allah SWT dan lahir pada bulan Ramadhan.
addar quthni karim izzatul (arti nama bayi islami laki laki): yg dimuliakan dan dihormati laksana imam perawi haddits.
addin izudin (arti nama bayi islami laki laki): agama yang sempurna.
adham syarif (arti nama bayi islami laki laki): yg baik dan terhormat.
adhwa jamail (arti nama bayi islami laki laki): cahaya lembut: yang gagah.
adib munawwir (arti nama bayi islami laki laki): sang pendidik yg mencerahkan (menerangi).
adib putra haya (arti nama bayi islami laki laki): laki-laki berbudi dalam kehidupan.
aditya irfanul ad-Din (arti nama bayi islami laki laki): yang pandai dalam ilmu agama dan bijaksana.
aditya zainul muttaqin (arti nama bayi islami laki laki): yg pandai dan menjadi perhiasan bagi orang yang bertakwa.
adnan bana (arti nama bayi islami laki laki): kenikmatan/kesenangan yg jelas.
adnan ibni (arti nama bayi islami laki laki): anak lelaki yang senang.
adskhan fahmi fawwaz (arti nama bayi islami laki laki): ksatria yang memiliki pemahaman/wawasan luas dan selalu beruntung.
afdhalul amal (arti nama bayi islami laki laki): kebaikan: yg utama.
affaq mahmud ibrahim (arti nama bayi islami laki laki): sang nabi pengembara yang terhormat.
afif adhududdin thahari (arti nama bayi islami laki laki): hamba yg menjaga agama dan kehormatan dirinya.
afif hisyam iftikar (arti nama bayi islami laki laki): yg baik hati,

afif makarim (arti nama bayi islami laki laki): pria mulia yang menjaga kehormatannya.
afkarul ulama (arti nama bayi islami laki laki): ahli ilmu pengetahuan yg cerdas.
afnanur rumman (arti nama bayi islami laki laki): ranting-ranting buah delima.
afroz khalid ashrafuddin (arti nama bayi islami laki laki): keindahan agama (Islam) terpuji yg langgeng.
afsarul malik (arti nama bayi islami laki laki): mahkota sang raja.
aftab adzim syarqi (arti nama bayi islami laki laki): matahari perkasa dari Timur.
ahad zharif (arti nama bayi islami laki laki): anugerah unik dan tiada yg menyamai.
ahad zhillullah (arti nama bayi islami laki laki): yg unik dan menjadi bayang-bayang Allah SWT.
ahdaf syarafah (arti nama bayi islami laki laki): tujuan yg mulia.
ahmad alif (arti nama bayi islami laki laki): yg terpuji dan lembut.
ahmad barraq (arti nama bayi islami laki laki): yg terpuji dan dibekali pengetahuan luas.
ahmad ghulam fahruddin (arti nama bayi islami laki laki): pemuda terpuji yang menjadi kebanggan agama.
ahmad makarim hakim (arti nama bayi islami laki laki): laki-laki yang terpuji, mulia hidupnya dan penuh kebijaksanaan.
ahmad muhaimin (arti nama bayi islami laki laki): penguasa yg terpuji.
ahmat gibran ramadhan (arti nama bayi islami laki laki): anak pandai merupakan nikmat dari Allah di bulan suci Ramadhan.
ahnaf maulana nafi (arti nama bayi islami laki laki): yg dihormati karena lurus hatinya dan selalu memberi manfaat.
ahsabur rijal (arti nama bayi islami laki laki): anak lelaki yg lebih dihormati daripada yg lainnya.
ahsanul barraq (arti nama bayi islami laki laki): berbudi pekerti baik dan cerdas.
ahsanul khuluq (arti nama bayi islami laki laki): yg memiliki budi pekerti mulia.
ainu shahin (arti nama bayi islami laki laki): yg bermata tajam seperti elang.
ainul fuad (arti nama bayi islami laki laki): mata hati.
ajmalul layal (arti nama bayi islami laki laki): malam terindah diantara malam lainnya.
akbar maulana (arti nama bayi islami laki laki): pemimpin umat yang agung dan mulia.
akbar zain (arti nama bayi islami laki laki): hiasan terindah.
akhdan dzaki maritza (arti nama bayi islami laki laki): sahabat yg cerdas dan diberkahi Allah SWT.
akhdan mahdy (arti nama bayi islami laki laki): sahabat yg mendapat hidayah.
akhlaqul karimah (arti nama bayi islami laki laki): adab yg santun dan: mulia.
akhtar asyrafurahman bahauddin (arti nama bayi islami laki laki): pemimpin mulia yg menjuadi sinar bintang agama (Islam).
akmal lathif khalifah (arti nama bayi islami laki laki): pemimpin yg sempurna dan lembut.
akmal naim khairullah (arti nama bayi islami laki laki): yg sempurna, mempesona dan mendapat kebaikan dari Allah SWT.
akram sulaiman rais (arti nama bayi islami laki laki): pemimpin yg selamat dan mulia.
alam shakir izzudin (arti nama bayi islami laki laki): yg menjadi keberkahan dunia dan kemuliaan agama (Islam).
alamul insan yasaar (arti nama bayi islami laki laki): yg kaya di jagad manusia.
albab maajid (arti nama bayi islami laki laki): akal pikiran yg mulia.
alif nur mahmudi (arti nama bayi islami laki laki): anak pertama yang menjadi cahaya pujian.
alif zaka sofian (arti nama bayi islami laki laki): sobat karib yg tekun dan bahagia.
alif ziyad (arti nama bayi islami laki laki): kelebihannya adalah lembut dan ramah.
alim shafiyuur rahman (arti nama bayi islami laki laki): pria lembut, cerdas yg dikasihi Allah SWT.
alimuddin amanullah (arti nama bayi islami laki laki): yg pandai dalam ilmu agama dan dalam lindungan Allah SWT.
almer khalil muazzam (arti nama bayi islami laki laki): pangeran kesayangan yg penuh kemuliaan.
althaf nabil mustafa (arti nama bayi islami laki laki): yg baik hati, cerdas dan lembut.
aly ‘arasy (arti nama bayi islami laki laki): pemimpin sebuah kaum yg budinya luhur.
aminuddin anwarullah (arti nama bayi islami laki laki): yg menjunjung tinggi agama (Islam) dan menjadi cahaya Allah SWT.

Nama bayi Perumpuan  islami 

abidah daniya (arti nama bayi islami perempuan): ahli ibadah yang dekat (dengan Allah SWT).

adibah nailal husna (arti nama bayi islami perempuan): sastrawati yang beroleh kebaikan.
afifa fitriya (arti nama bayi islami perempuan): yang suci dan memiliki harga diri.

afifah khairunnisa (arti nama bayi islami perempuan): yang lembut dan sebaik-baik wanita.

afra naila arkarna (arti nama bayi islami perempuan): yang menjadi anugerah pada malam ke-13 bulan purnama dan menerangi hati.

afra nailal husna (arti nama bayi islami perempuan): yang riang gembira dan beroleh kebaikan.

agniya nurul fadhilah (arti nama bayi islami perempuan): yang kaya akan cahaya keutamaan.
aida fitriya (arti nama bayi islami perempuan): yang kembali pada fitrah (kesucian).

aina talita zahran (arti nama bayi islami perempuan): mata seorang gadis cantik yang berkilau.

ainiya faida azmi (arti nama bayi islami perempuan): yang hatinya tegar dan penuh manfaat bagi pohon yang rimbun bersemi.

ainun mahya (arti nama bayi islami perempuan): mata yang bersinar.

aisha alifa (arti nama bayi islami perempuan): yang ramah dan lemah lembut.

aisyah farhana (arti nama bayi islami perempuan): anak perempuan yang hidup bahagia dan bergembira.

aisyah mariah (arti nama bayi islami perempuan): anak perempuan yang hidupnya indah.
aisyah mughni shaliha (arti nama bayi islami perempuan): anak perempuan yang hidupnya penuh kekayaan dan kebaikan.

akifa naila (arti nama bayi islami perempuan): rajin beribadah dan senang memberi.
alawiyyah ummu kultsum (arti nama bayi islami perempuan): semoga meneladani Ummu Kultsum (anak perempuan Rasullulah SAW) yang mulia dan halus bagai sutera.

alfi husni faadiyah (arti nama bayi islami perempuan): yang mendapatkan 1000 kebaikan dan terlindung.

alfi inayati (arti nama bayi islami perempuan): yang mendapatkan 1000 pertolongan.
alifa alya hanifa (arti nama bayi islami perempuan): yang berkedudukan tinggi dan teguh pendiriannya.

alifah dzatil izzah (arti nama bayi islami perempuan): lembut, baik hati dan mulia.

alisha amira fahima (arti nama bayi islami perempuan): mulia, berkedudukan tinggi dan punya pemahaman.

aliyah dzatil himmah (arti nama bayi islami perempuan): wanita mulia dengan kemauan kuat.

alma nur aulia (arti nama bayi islami perempuan): yang bersinar dan beroleh cahaya kemuliaan.

almira nailal humnah (arti nama bayi islami perempuan): pemimpin wanita yang beroleh kemudahan.

alya nidaulkarimah (arti nama bayi islami perempuan): wanita mulia yang mendatangkan kebaikan.

amalia syarifah (arti nama bayi islami perempuan): cita-cita yang mulia / luhur.

aminah syarifah (arti nama bayi islami perempuan): yang dapat dipercaya dan mulia.
annisa alifah (arti nama bayi islami perempuan): perempuan lembut dan berhati mulia.
annisa faiha (arti nama bayi islami perempuan): perempuan yang punya banyak kelebihan.
annisa kasturi naim (arti nama bayi islami perempuan): perempuan penghuni surga dan mewangi seperti bunga kasturi.

arifah nurul hidayah (arti nama bayi islami perempuan): yang berpengetahuan dan menjadi cahaya petunjuk.
ariqa fatina (arti nama bayi islami perempuan): yang baik budi dan menawan hati.
ashima dinillah (arti nama bayi islami perempuan): yang mjemelihara kemurnian agama Allah SWT.
asiyah karimah (arti nama bayi islami perempuan): yang hidupnya mulia.
askana sakhi (arti nama bayi islami perempuan): yang baik dan murah hati.
asma alifah (arti nama bayi islami perempuan): yang suci dan lemah lembut.
asma’ dzakiyyah (arti nama bayi islami perempuan): yang sempurna dan cerdas.
assyfatu haifa (arti nama bayi islami perempuan): wanita sebagai penawar dahaga.
assyifa khairunnisa (arti nama bayi islami perempuan): wanita sebagai obat penawar adalah sebaik baik wanita.
athifa farihan warda (arti nama bayi islami perempuan): yang gembira bagai bunga mawar.
athira ardillah (arti nama bayi islami perempuan): yang mewangi dan diridhai Allah SWT.
athira qurratu aini (arti nama bayi islami perempuan): yang mewangi dan menjadi jantung hati.
atiqa balqis azizah (arti nama bayi islami perempuan): bagai ratu Balqis yang murah hati.
atiqa fairuz khalisa (arti nama bayi islami perempuan): yang cantik bagai permata.
atiqa zahra ratifa (arti nama bayi islami perempuan): yang akhlaknya mulia, pemurah dan berseri seri.
aufa nida zakiyya (arti nama bayi islami perempuan): yang setia pada kebaikan dan menjaga kesucian.
aulia izzatunnisa (arti nama bayi islami perempuan): yang utama, penuh cinta dan mulia.
aunatullah uzhma (arti nama bayi islami perempuan): pertolongan Allah yang agung.
azizah khairunniswah (arti nama bayi islami perempuan): wanita mulia adalah sebaik baik wanita.
azizah salsabila ramadhani (arti nama bayi islami perempuan): mulia bagai mata air surgawi dan lahir pada bulan ramadhan.
azka aulia (arti nama bayi islami perempuan): yang bersih dan penuh cinta.
azka nailufar akhyar (arti nama bayi islami perempuan): yang bersih bagai bunga teratai pilihan.
azka yasmin ardhillah (arti nama bayi islami perempuan): bersih bagai bunga melati yang diridhai Allah.
badi’ah rahimah (arti nama bayi islami perempuan): yang cantik dan penyayang.
badriyah khairul karimah (arti nama bayi islami perempuan): cantik bagai purnama dan shalihah.
bahijah nurul himmah (arti nama bayi islami perempuan): cantik dan menjadi cahaya keinginan yang kuat.
bahiyya atiqa faiha (arti nama bayi islami perempuan): yang cantik, indah dan banyak kelebihannya.
bahjah dalilah (arti nama bayi islami perempuan): yang gembira dan menjadi jalan terang.

baiti duriyyati (arti nama bayi islami perempuan): rumahku adalah cahaya mutiara.
balqis adzra (arti nama bayi islami perempuan): bagai ratu balqis yang terhormat.
balqis anis abdurrahman (arti nama bayi islami perempuan): bagai ratu Balqis yang menjadi teman hamba Allah.
balqis faiha rifda (arti nama bayi islami perempuan): bagai ratu balqis yang memiliki kelebihan sebagai penolong.
balqis taqiya sajida (arti nama bayi islami perempuan): bagai ratu balqis yang bertakwa dan bersujud.
balqis ufaira (arti nama bayi islami perempuan): bagai ratu balqis yang pemberani.
bara’atul adzra (arti nama bayi islami perempuan): kesucian seorang perawan.
bari’ah salsabilla wardha (arti nama bayi islami perempuan): yang cerdas bagai mawar mata air surgawi.
bariah kamila (arti nama bayi islami perempuan): bagai pepohonan yang menghijau dan unggul.
bariqah nabighah (arti nama bayi islami perempuan): yang berkilau lagi pintar.
bariyyah muhadzdzabah (arti nama bayi islami perempuan): yang terpuji perangainya.
barizah khairunnisa (arti nama bayi islami perempuan): wanita istimewa adalah sebaik baik teman.
basathah husnul khulqi (arti nama bayi islami perempuan): sederhana adalah perilaku baik.
bashirah nurul fadhilah (arti nama bayi islami perempuan): yang cerdas dan menjadi cahaya keutamaan.
basilah lailatul hikmah (arti nama bayi islami perempuan): wanita pemberani yang lahir pada malam yang penuh hikmah.
basima imra’ah jalilah (arti nama bayi islami perempuan): senyuman wanita cantik.
basima shalihah (arti nama bayi islami perempuan): senyuman wanita yang solehah.
basima wardhatul zahira (arti nama bayi islami perempuan): senyumnya bagai bunga mawar yang bercahaya.
basmah mar’atush shalihah (arti nama bayi islami perempuan): senyuman seorang wanita solehah.
basyarah salamah (arti nama bayi islami perempuan): kabar gembira yang membawa keselamatan.
basyasya afifa (arti nama bayi islami perempuan): yang wajahnya berseri seri karena mensucikan diri.
bazi’ah dzatil izzah (arti nama bayi islami perempuan): wanita yang elok dan mulia.
buraira balqis faiha (arti nama bayi islami perempuan): bagai ratu balqis yang punya banyak kelebihan dalam berbuat baik.
busyra fitriyani (arti nama bayi islami perempuan): kabar baik dari anak perempuan yang suci.
butsainah iftitah naila (arti nama bayi islami perempuan): anak wanita pertama yang cantik dan menjadi anugerah.
butsainah qurratu’ aini (arti nama bayi islami perempuan): yang cantik, berbudi luhur dan menjadi pelipur lara.
da’imah rizkiyyah (arti nama bayi islami perempuan): rejeki yang datang terus menerus.
da’iyah nisa fikriyah (arti nama bayi islami perempuan): wanita ahli dakwah dan cerdas.
daliya zahra khasieb (arti nama bayi islami perempuan): bagai pohon anggur yang subur.
daniyah thayyibah (arti nama bayi islami perempuan): yang dekat dengan Allah dan baik.
darisah nasyithah (arti nama bayi islami perempuan): pelajar yang rajin.
dary arrifda (arti nama bayi islami perempuan): wanita penolong yang lemah lembut.
dary azzalfa (arti nama bayi islami perempuan): wanita bagai permukaan mutiara yang lembut.
dazkiyyah basighah (arti nama bayi islami perempuan): yang cerdas dan menawan hati.
dhia amilal khairiyyah (arti nama bayi islami perempuan): wanita bercahaya yang selalu berbuat baik.
dina fitriyyah (arti nama bayi islami perempuan): agama yang suci.
dina nabila (arti nama bayi islami perempuan): agama yang mulia.
diyana durriyatul jannah (arti nama bayi islami perempuan): agama yang bercahaya bagai mutiara surga.
diyana syauqia (arti nama bayi islami perempuan): bagai agama yang dirindukan.
duratu annasihah (arti nama bayi islami perempuan): mutiara nasehat.
durratul hikmah (arti nama bayi islami perempuan): mutiara, hikmah

 

Jasa Pembuatan Website